Jumat, 25 April 2014

Team Work sebagai Kunci Sukses

Kali ini tema yang akan diuraikan adalah sebuah kerja sama yang diperlukan oleh beberapa atau banyak orang dalam menjalankan sebuah misi. Kerjasama tidak akan diperlukan jika misi tersebut bisa dikerjakan oleh individu atau perorangan.
Kali ini kerjasama yang dimaksud adalah sebuah kerjasama yang diperlukan pada komunitas yang mengusung misi tertentu atau memiki tujuan, kerjasama pada sebuah komunitas dengan sebuah perusahaan atau tempat kerja sangatlah berbeda. Kerjasama team pada sebuah perusahaan dilandasi karena suatu kepatuhan kepada atasan, kewajiban tugas dan diikat oleh sebuah peraturan perusahaan, dimana jika seseorang tidak mengikuti peraturan tersebut akan mendapatkan sanksi sesuai dengan peraturan yang dibuat.

Sebaliknya bentuk kerjasama dalam sebuah komunitas dilakukan atas dasar sukarela, kesadaran diri, keikhlasan pribadi karena semata-mata ingin mambantu atau berjiwa sosial tinggi, menyalurkan hobi, mengembangkan skill, menambah wawasan, bersosialisasi antar anggota, networking atau tujuan-tujuan lain seperti ingin mendapat pahala dari pengetahuan atau skill yang di berikan kepada sesama komunitas. Tidak ada sanksi komunitas jika tidak hadir apabila komunitas mengadakan sebuah acara, tetapi kehadirannya dalam komunitas karena kesadaran pribadi dan tidak ada paksaan untuk ikut. Kehadiran seseorang dikomunitas semata-mata karena kebutuhan dari masing-masing anggotanya. 

Seperti contoh pertemuan yang sedang ku ikuti yaitu KMB (kelas mentoring bisnis) yang diadakan oleh TDA Bekasi Srikandi, mulai dari pembicara, penggiat acara/panitia dan peserta komunitas mereka datang atas kesadaran pribadi tanpa paksaan, tanpa imbalan apapun. Mereka bekerja sama mengorbankan waktu, tenaga dan biaya demi terselenggaranya acara. Semata-mata mereka ingin berbagi kepada sesama anggota komunitas. Tanpa pembicara acara tidak akan sukses, tanpa ada pelaksana acara juga tidak akan berjalan, tanpa peserta yang hadir acara jadi tidak bermanfaat. Jadi acara tidak akan berlangsung tanpa adanya sebuah kerjasama yang baik. Dan hanya orang yang memiliki komitmen dan kesungguhan yang akan bertahan di dalam sebuah komunitas, sebaliknya orang atau anggota yang tidak memiliki komitmen dan hanya ikut-ikutan diantara mereka akan gugur satu persatu bagaikan daun pada sebuah pohon yang akan berguguran dan hanya daun yang kuat dan kokohlah yang akan bertahan.
Jadi… tentukan pilihanmu…Apa tujuan anda ikut dalam sebuah komunitas….Jika komunitas adalah pilihanmu bersiaplah untuk saling bekerjasama dengan sukarela

#LetsBlogging
#10HariNgeblog edisi#7

Wassalam

9 komentar:

  1. siapp bekerjasama, berat ringan d pikuk bersama hdup teamwork :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup..hidup teamwork nya blogging tda srikandi

      Hapus
  2. yipiiiiie,kita juga team work kan mba' devi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. so pasti mbak... srikandi blogging adalah teamwork....

      Hapus
  3. kita team work.. aseeeekkk,, semoga bisa bersinergi ya Mba, dan team work for dream work...

    BalasHapus
  4. hehehe simple tapi mengena Mba Devi... :) hidup teamwork!!!! :)

    BalasHapus

Ok..thanks ya sudah berkunjung dan komentar di blog ku..