Jumat, 25 April 2014

Sabar adalah Pilihan

Sabar.....
Kata yang mudah untuk diucapkan, indah terdengar, tapi tidak gampang menjalaninya....
Tak banyak yang harus ku ungkapkan tentang sabar, ingin mengatakan, apakah aku seorang penyabar, tidak juga karena aku sering melakukan aksi mata melotot ketika mendengar si mas dan adek yang berebut mainan setiap saat. Si mas umur  5 tahun dan adek 2 tahun, mereka jagoan semua. Setiap membelikan mainan harus 2 atau 4 jadi harus berkelipatan genap, karena kalau tidak mereka tidak mau jika jumlah mainan yg mereka miliki berbeda jumlahnya. Si adek akan berteriak histeris dan menangis mana kala mainannya berbeda dengan si mas, begitupun si mas, akan merebut mainan si adek jika jumlahnya lebih sedikit dan alhasil adek pun akan menjerit dan menangis lagi, itu dari segi mainan belum sandal yang kadang si adek lebih suka pakai sandal si mas walaupun ukurannya lebih besar dan si adek sudah punya sandal sendiri, rebutan remot tv si mas maunya nonton tv si adek maunya matiin tv, sampai sepeda pun si adek maunya sama seperti punya kakak yang beroda dua padahal wong nuntun sepeda saja si adek belum bisa bahkan sampai ke jajanan pun ada aja yang suka bikin heboh si adek jejeritan dan menangis. Terkadang tidak berebut mainan pun si mas juga jahil, seneng banget ngumpetin atau timbang nyolek mainan atau nyolek pipi adeknya, lagi-lagi si adek berteriak histeris dan menagis. Si adek memang hobinya teriak histeris dan menangis dan kejadian itu terjadi setiap saat.

Sampai suatu saat kejadian jeritan dan tangisan adek harus membuatku mengelus dada ketika aku yang tadinya lagi konsentrasi mengerjakan PR ngeblog harus bolak-balik melongok, "kenapa mas?, kenapa dek? yang akur ya, mainan bareng ya.."
Aku balik lagi duduk depan laptop, belum jadi mencet tuts laptop teriakan dan tangisan si adek sudah meledak lagi....aku melongok lagi... Si mas cuma nyengir doang sambil berkata " ga diapa-apain" dan si adek sudah diem lagi, aku kembali duduk sambil mengelus dada, tangan ini mulai menekan tuts keybord laptop dan sambil mencoba mengingat-ingat kata-kata yang tadi batal ku ketik. Duduk tenang, dapat satu baris jeritan si adek sudah terdengar kembali diiringi tangisannya....kali ini si adek sambil masuk ke kamar dan memelukku sambil bicara dengan khas cadelnya " miii...mah, mah, mobi ambi ma...". ( Umi... Mas, mas, mobil diambil mas...) Sambil si adek menunjuk si mas yang berlari ngumpet dibelakang pintu, " Mas, mobil adek mana? " .." Ada mi itu diteras, mas kan cuma pinjem sebentar.." ..." Mas kalau mau pinjem bilang dulu sama adek, jangan direbut begitu " sambil aksi pasang mata galak, " sudah bilang mi sama adek mau pinjem mobilan tapi sama adek ga boleh, trus mas umpetin deh mobilannya..."

Yah akhirnya aku batal deh ngerjain PR dari bu guru...begitulah irama sehari-hari bersama krucil-krucilku yang membuatku harus ekstra sabar menghadapi tingkah mereka, itu hanya contoh kecil yang aku hadapi sehari-hari dirumah, karena mau aku marah sekalipun hal itu akan terulang kembali, jadi aku hanya bisa beristighfar dan melerai mereka, kalaupun aku harus marah sama mereka dampaknya tidak baik untuk perkembangan secara psikologis mereka…..hmmm sabar…sabar…dari pada aku lama-lama stress, kuanggap itu sebagai irama musik sehari-hari…enjoy aja…Sampai kejadian laptopku error karena si krucil pun aku harus bersabar, karena aku tidak mau menghargai anakku dengan sebuah laptop, kenapa aku harus marah kalau laptopku rusak, krucilku lebih mahal dari laptop dan segalanya, barangkali mereka pada kepengen ikut belajar ngeblog juga seperti umminya, cuma karena belum tahu jadi pencet-pencet laptop sesuka hati….Anehnya, kalau lagi bareng dirumah krucilku pada heboh berantem atau rebutan mainan, tapi ketika si mas tidak di rumah si adek akan histeris juga minta nyariin masnya. Begitupun dengan si mas, manakala si adek dibawa budenya main, si mas yng heboh minta nyusul…..hehehe irama hidup… barangkali kata krucilku “ ga ada loe ga rame “

Masih banyak lagi kejadian yang harus membuat kita harus bersabar, sabar menahan emosi atau amarah, sabar menahan nafsu, sabar untuk mendapatkan apa yang kita impikan atau inginkan, sabar manakala mendapat musibah, sabar dengan takdir atau ketentuan Allah.
Sebagai kalimat penghibur agar kita selalu sabar :

 v  Orang yang sabar disayang Allah
 v  Orang yang sabar akan masuk syurga
 v  Dengan sabar akan berbuah manis
 v  Allah akan bersama orang-orang yang sabar dan yakinlah itu janji Allah
 v  Sesungguhnya Allah tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan hamba Nya
 v  Indah pada waktunya
 v  Sabar tiada batas
 v  Bersabar untuk menang
 v  Semua itu milik Allah dan akan kembali kepada Nya
 v  Sabar membuat kita berfikir dewasa
 v  Sabar itu menenangkan hati

Tetapi ingat, sabar bukan berarti kita harus menerima segalanya dengan kepasrahan tanpa usaha atau ikhtiar, kita diberikan akal oleh Allah, diberikan badan yang sempurna dan kuat untuk berfikir dan berusaha selebihnya Allah lah yang akan menentukan.
Jadi apakah kita ingin menjadi orang yang sabar atau sebaliknya….Itu pilihan….Yuk sama-sama belajar bersabar dalam banyak hal.

#LetsBlogging
#10HariNgeblog edisi#8

Wassalam

12 komentar:

  1. Ha..ha.. Mbak Devi, samaan kita, paling susah memang bersabar saat kita sedang berusaha berkonsentrasi dalam sesuatu hal, sementara anak-anak berteriak-teriak gaduh.. kalaupun ga ngomel atau marah2, paling tidak melotot deh tuh mata.. Susah bukan berarti ga bisa dijalani siih.. Yuuk terus berusaha jadi org yang lebih sabar dari hari ke hari. In sya Allah bisa..

    BalasHapus
  2. Yah mbak...begitulah realita yang ku hadapi sehari-hari.. cukup menguras kesabaran..semoga bisa ya mbak..

    BalasHapus
  3. samaan jagoan semua mba' devi xixixi... awalnya senewen lama kelamaan dah biasa liat kakak adik bertengkar, aku menikmati aza ritmenya. Sabar dalam segala hal menuntun kita kepada kebaikan aamiin... :)

    BalasHapus
  4. Iya Mba, betul betul betul *gaya upin ipin..
    Yang pasti sabar itu bukan berarti pasrah.. tapi memang harus ada usaha atau ikhtiar.. seru jagoan2nya.. hehhehe

    BalasHapus
  5. ahhayy d rmh jg gt, tiap hari rame ma ponakan, yg masnya jahil atw adeq nya usil. tapi klo mlm mreka plg k kandang (rmhku jd penitipan anak hehe) sepiiiii banget rasanya. ank2 itu jd obat capek, obat lelah. mreka jg jadi pelatih kesabaran kita.
    bukan begitu bu ibu? :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bontot...untuk belajar sabar ga perlu jauh-jauh..cukup dilingkungan sekitar aja

      Hapus
  6. hihihihi pasti riweuh ya Mba Devi.... tp menyenangkan... Ikutan ah belajar sabar... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gitu deh mbak..tapi riwehnya ada masanya...nanti kl mereka besar justru riweh dan ramenya itu akan kita rindukan...

      Hapus
  7. hihihi kebayang ya, mba, serunya ketika anak2 berulah dengan keunikannya masing2. Sabar, semoga aku bisa menjadi pribadi yang lebih sabar, Aamiin

    BalasHapus
  8. seruuu mbak..kadang-kadang emaknya juga jadi terbawa histeris..

    BalasHapus

Ok..thanks ya sudah berkunjung dan komentar di blog ku..